Decolab

Mengenal Pinterest Lebih Detail

December 30, 2020
Contents

Apa Itu Pinterest

Pinteres adalah salah satu media sosial yang dibuat oleh Ben Silberman yang sekarang menjadi CO dari Pinterest itu sendiri. Seperti yang telah kita kenal, pinterest adalah media sosial yang dijadikan penggunanya untuk mengunggah gambar yang kemudian dikenal dengan Pin. Kemudian gambar yang akan diunggah ini harus dimasukkan dalam sebuah wadah yang kita kenal dengan Board.

Seperti sosial media bertajuk gambar ainnya seperti instagram yang sekarang bagian dari Facebook, kita juga bisa menyimpan gambar dari pengguna lain bahkan juga bisa kita mendownloadnya ke dalam penyimpanan device kita. Aktifitas menyimpan gambar milik pengguna pinterest lain ke dalam board milik kita disebut dengan repin gambar. Pada dasarnya penggunaan pinterest sangatlah mudah. Dengan tampilan yang sederhana dan user friendly, pinterest banyak digunakan para netizen untuk mencari inspirasi atau topik tertentu , ide-ide kreatif sebagai bahan inspirasi penggunanya. Mulai dari desain berbagai desain baju, desain rumah, gaya rambut, resep makanan, bahkan hingga surat lamaran pekerjaan pun bisa kita dapati disana.

Bagaimana Cara Mendaftar Pinterest?

Cara mendaftar pinterest sangat mudah. Cukup mempersiapkan email yang masih aktif bisa kita gunakan umtuk membuat akun pinterest. Email ini digunakan untuk verifikasi apakah robot atau manusia. Cara mendaftarnya pun gratis. Fitur berbayar pinterest yaitu ketika ingin memasarkan sebuah produk kita di Pinterest melalui Pinterest Business

Dalam Pinterest business kita bisa melihat grafik atau performa dari tiap pin yang kita unggah. Bisa kita lihat geolokasi, umur,  jenis kelamin, dan minat dari setiap pengunjung. Itulah sebagian kecil dari kelebihan pinterest business.

dashboard pinterest


Apa Kelebihan Pinterest Dibanding Sosial Media Lain?

Dibalik kesederhanaan tampilan pinterest, ada begitu banyak manfaatnya. Terutama untuk memikat penggunanya sendiri. Dengan menu di dashboard yang mudah dipahami, sederhana, dan user friendly, pinterest menjadi pilihan kaum hawa untuk mengunggah ide-ide kreatif mereka. 

Dengan konsep tempat berbagi gambar dan foto, pinterest memiliki nilai lebih bagi pengusaha yang ingin memasarkan produk mereka baik di dalam maupun luar negeri. Di amerika Serikat, Pinterest menjadi sosial media terfavorit untuk kaum wanita. Mereka bisa memasarkan produk buatan  tangan mereka hanya dengan pinterest business. Tapi sayang, untuk pengguna pinterest di indonesia belum bisa beriklan di pinterest.

Mengapa Harus Pinterest?

Salah satu kelebihan Pinterest ini yaitu dari setiap pin yang kita repin dari blog kita, Pin gambar kita bisa kita beri link tujuan atau kontak pribadi berbasis link website. Jadi sebaiknya agar kita tautkan link ke website pemasaran produk kita. Fitur inilah yang tidak kita dapati di sosial media lain. Dengan konsep seperti ini, pinterest menjadi sahabat para internet marketing, ceo perusahaan, maupun freelancer untuk meningkatkan penjualan mereka. Tidak hanya perusahaan berbasis jual beli barang jasa saja, pinterest juga mendukung untuk pengusaha yang bergerak dibidang layanan jasa seperti hairstylish, desain grafis, dll.

Sekian bahasan singakat kita mengenai Pinterest, apabila ada kesalahan penulisan mohon dimaafkan.
Semoga artikel ini bisa mengantarkan anda untuk memahami apa itu pinterest secara singkat. Apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar.



© 2023 DecoLab All Right Reserved