Decolab

4 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Ulang Laptop Dan PC

June 16, 2021

Decolab - Instal ulang windows tentu bukan hal yang aneh jika operating system yang kita pakai tidak lagi membuat kita nyaman saat memakainya. Mulai dari proses yang lama atau bahasa familiarnya lemot saat kita mengeksekusi program dan aplikasi, booting yang lumayan lama, bahkan sebagian besar file kita terinfeksi virus yang menyebabkan data corrupt atau bahkan hilang dimakan virus,hehehe...9 virus kok bisa makan ya),lanjuut..

Akan tetapi bagaimana jika kita dihadapkan pada seringnya laptop kita terserang virus atau bahkan ransomeware? untuk itu lakukan tips dari decolab dibawah ini guna menghindarkan anda untuk melakukan instal ulang laptop atau pc.

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Ulang Laptop/PC

1. Buat Restore Point.

 Restore Point adalah point destinasi yang disediakan windows untuk mengantisipasi kerusakan windows baik itu pada boot sector agar booting berjalan semestinya, rusak karena tersjangkit virus, bahkan rusak karena salah menginstal aplikasi yang menyebabkan rusaknya windows kita.

Langkah melakukan restore point 

1. Klik logo windows pada pojok kiri bawah dilayar anda, kemudian dikolom search silahkan ketikkan "restore point". Kemudian pilih yang paling atas seperti pada gambar dibawah.

2. Setelah diklik kita masuk pada gambar menu restore point , kemudian klik 2kali pada system atau (C). Ubah hingga off nya menjadi on dengan klik configure kemudian tentukan batas maksimal kapasitas C untuk melakukan restore point.Jika berhasil maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini.


3.Jika sudah maka klik oke lalu akan keluar dari menu restore point. Selesai!


2. Buat Disk Image Back Up

Fungsi dari fitur ini yakni untuk mengantisipasi kegagalan windows dalam melakukan booting. Kegagalan booting biasa disebabkan oleh virus, file system yang corrupt, dan kegagalan dalam menginstal update windows. Update windows ini akan mengistal otomatis setelah semua file yang terunduh otomatis selesai terunduh, maka akan otomatis menginstal saat laptop/pc melakukan booting. Untuk melakukan windows backup decolab sarankan untuk menyediakan 1 flashdisk khusus yang kosong dengan kapasitas 8gb guna sebagai media pengganti cd rom atau dvd rom. Jadi Flash disk ini jangan igunakan untuk kebutuhan lain.

3.Instal Winrar

Mengapa decolab sarankan agar mengisntal winrar? Tentunya winrar salah satu aplikasi wajib untuk diinstal untuk membuka file yang dikompres dalam bentuk rar atau zip. Winrar sangat membantu kita ketika file explore bawaan windows terkadang tidak mampu melakukan pekerjaan yang winrar lakukan.

4.Instal Anti Virus

Terakhir, anti virus yang akan membantu windows defender ketika keamanan windows kita belum mengalami update. Anti Virus mampu mencegah virus yang belum terdaftar oleh windows defender . Sangat Decolab sarankan agar mengunduh Anti Virus apapun dengan versi terbaru yang sudah mampu mencium keberaaan Ransomeware yang menjadi momok menakutkan bagi file yang tingggal di penyimpanan kita.

Demikian artikel mengenai 4 hal wajib setelah instal ulang laptop/pc  . Silahkan mencobanya dirumah agar kita tidak terus menerus melakukan instal ulang windows guna menjaga kesehatan hardisk laptop milik anda.

 




© 2023 DecoLab All Right Reserved