Decolab

Mengapa Harus Memakai Domain TLD Sejak Awal? Simak Alasannya

January 15, 2020

Mengapa Harus Memakai Domain TLD Sejak Awal? Simak Alasannya

Sudah bukan hal yang baru lagi di dunia internet kita mengenal istilah domain. Domain merupakan alamat website atau url website kita. Sedangkan menurut wikipedia sih domain atau domain name adalah nama unik untuk mengetahui nama server komputer semisal email server,web server pada jaringan komputer atau jaringan internet. Intinya sih internet itu adalah hasil dari jaringan komputer yang saling terhubung antara server satu dengan server yang lainnya diseluruh dunia yang kemudian dihubungkan kembali pada server pusat. Itulah penjelasan singkat tentang apa itu domain buat kamu yang masih belum benar-benar memahami apa itu domain.



Disini kita akan bahas pentingnya menggunakan domain name sejak awal kita membangun sebuah blog atau website. Hal ini penting terutama jika kita mempunyai perusahaan atau brand merk kemudian membuat website guna memasarkan suatu barang atau jasa dari bisnis yang kita dirikan. Semisal blog ini, decolab.eu.org. Tujuan dari website ini dibuat untuk memberi solusi kepada publisher atau penulis yang menjadikan hobinya untuk menghasilkan uang berdasarkan pengalaman dari si pembuat website decolab ini. Jadi pemilihan nama domain ini nantinya akan berakibat pada pemikiran para pembaca atau pengunjung dari website ini untuk langsung merujuk pada website atausitus pribadi yang bernama decolab ketika sedang mencari solusi dalam memecahkan masalah perbloggingan.

Pada umumnya pemilihan nama domain itu bebas dengan catatan tidak menyamai nama domain yang sudah dipakai oleh website lain. Akan tetapi jika url domain untuk dijadikan money site yang berafiliasi dengan adsense maka kita harus mengetahui pedoman kebijakan adsense bagi para publishernya. Ini hanyalah contoh dari tujuan kita membuat website.

Lantas bagaimana cara memilih nama domain yang benar? Menurut decolab , memilih nama domain sangat disarankan untuk tidak menggunakan nama yang berbau pornografi dan kriminal karena kebijakan cyber police serta setiap jaringan periklanan di internet memiliki privacy policy dan tos yang hampir sama. Kami sarankan tentukan nama domain sesuai dengan niche/topik dari blog kalian semisal,resep masakan, desain rumah, ataupun ekonomi dan lain-lain.

Kemudian, jenis domain sendiri dari sekian banyak jenis domain, kami sarankan lagi agar menggunakan domain berbayar terutama dot com (.com) karena selain agar terlihat singkat, domain dotCom sendiri memiliki rating yang bagus karena terlihat lebih profesional. Selain daripada itu, dengan segala kelebihannya, domain dotCom sendiri mempunyai harga yang dibilang paling mahal. Akan tetapi untuk mengakali hal ini cobalah untuk mencari penyedia atau penjual domain dengan promo karena harganya akan lebih murah. Perlu dicatat, kami sarankan agar tidak tergiur dengan murahnya juga. Tapi coba lihat berapa harga perpanjang domain dotCom ketika nanti domain yang akan kamu pakai akan habis masa berlakunya.

 Sekian dulu bahasan kita mengenai kenapa harus menggunakan domain tld sejak awal atau pertama kali posting artikel. Akan kita lanjutkan pada artikel berikutnya. Sampai jumpa!
© 2023 DecoLab All Right Reserved